PETUNJUK
PENGGUNAAAN APLIKASI KURIKULUM 2016
Menu
Log In
1. DATA
ISIAN ( DATA UTAMA )
a. Isikan
Data sekolah anda pada format yang telah disediakan
b. Isikan
Data Siswa secara lengkap agar pada saat cetak raport data tersebut sudah
lengkap
c. Pada
deskripsikan bagian ini
- Pada EXCSHOOL isikan dengan deskripsi sesuai dengan kemampuan anak pada saat mengikuti latihan Pramuka atau pada saat ujian penilaian untuk Raport
- Deskripsikan Pada bagian SARAN & FISIK sesuai dengan perkembangan siswa saat KBM berlangsung dan beberapa kekurangan siswa yang perlu diperhatikan oleh orangtua
-
Deskripsikan bagian PRESTASI & HADIR sesuai
dengan raihan prestasi yang pernah dicapai dan kehadiran siswa di akhir
semester.
- Isikan pada bagian berikutnya SPIRITUAL KI-1 dengan kata sambung yang telah disediakan dengan beberapa pilihan kata dan jika hendak menambahkan kata sambung yang diinginkan, Anda tinggal mengganti atau menambahkannya pada kolom yang telah disediakan disampingnnya.
-
Berikutnya Isikan pada SOSIAL KI-2 dengan
deskripsi sesuai dengan kondisi siswa hingga akhir semester 1
d. Pada
bagian Isian Kata Kunci KD lakukanlangkah berikut :
a. Untuk
KD PENGETAHUAN lengkap kolom yang telah disediakan Mulai dari KOMPETENSI DASAR
dan Kata Kunci yang harus dikuasai siswa untuk KD itu, dan jika ada beberapa KD
yang akan digabung kata kuncinya dapat anda lakukan di bagian kata Kunci serta
kolom bagian KOMPETENSI DASAR tidak wajib diisi hanya Kata Kunci yang wajib
diisi dari masing-masing KD atau Gabungan KD
b. KD
KETERAMPILAN
Lakukan hal yang sama seperti pada KD
PENGETAHUAN yang harus dikuasai siswa baik tiap KD maupun Gabungan KD untuk
dideskripsikan pada kolom raport.
2.
Pada Bagian
Berikutnya NILAI
a.
Untuk bagian
Input dengan nilai tiap KD/Gabungan KD yang harus dikuasai siswa
1)
Kognitif (
Pengetahuan )
Input Nilai berdasarkan hasil Ulangan Harian siswa
Tiap KD atau Gabungan KD dengan angka Puluhan mulai 00-100.
2)
Psikomotorik (
Keterampilan )
Input Nilai berdasarkan kemampuan siswa Tiap KD atau Gabungan
KD dengan angka Puluhan mulai 00-100.
b.
Isi dengan dengan
hasil Praktik, Produk, dan Proyek
1)
Rekap Nilai
Keterampilan
Isikan Rata-rata Nilai Keterampilan untuk Praktik,
Produk dan Proyek dengan rentang nilai 00-100 sesuai dengan kinerja siswa
hinggga akhir semester 1.
2)
Rekap Nilai
Pengetahuan
Isikan Rata-rata Nilai Pengetahuan Rata-rata harian
sudah otomatis di dapat dari Nilai Kognitif (Pengetahuan), isikan nilai UTS dan
Nilai Akhisr Semester 1, dengan rentang nilai 00-100.
3.
CETAK RAPORT
(RAPORT)
a.
COVER,IDENTITAS
SISWA & CETAK RAPORT
Disediakan hingga 10 halam siswa, dengan cara mencetak
10 halaman tiap cetakan, dan isikan pada kolom yang tersedia pada daftar Nomor
halaman yang akan dicetak dengan angka 1,2,3,4,5, dst
b.
PETUNJUK,
IDENTITAS SEKOLAH, KETERANGAN PINDAH, & KRITERIA KENAIKAN KELAS
Masing – masing dapat mencetak sesuai dengan kebutuhan
tanpa pembatasan halaman cetak.
4. LAMPIRAN
Lampiran dibuat
sebagai bahan pelengkap administrasi guru kelas dalam mengelola kelas.
Diantaranya :
a. Jurnal
Perkembangan Siswa
b. Lembar
Observasi
c. Penilaian
Diri
d. Penilalaian
Antar Teman
e. Format
KKM
f.
Format Analisis Ulangan Harian/UTS/UAS
g. Analisis
Hitung Usia, Abjad dan Golongan Usia
Berisikan
a.
Tentang Penulis
b.
Pengalaman
c.
Karya Penulis
d.
Gambar Buku
Penulis
Created By : HAMDAN LUGINA JAYA, S.Pd
|
|||||||
1 comment:
Bisa digunakan untuk smp gak Pak
Post a Comment